Kamis, 19 Maret 2009

ISTRI SHALEHAH

Rasulullah saw bersabda: Sebaik-baik perhiasan di dunia adalah istri yang shalehah."
alangkah bahagia jika seorang suami memiliki idaman hati yang dicintainya begitu menawan, bukan karena cantiknya bukan pula karena postur tubuh yang ideal. Akan tetapi perangai atau perilaku Istri yang sopan dan taat kepadanya.

Allah swt menggambarkan dalam surat Annisa ayat 4 yaitu: "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. sebab itu maka wanita yang shaleh ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara(mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan Nusyuznya, maka nasihatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukulllah mereka. Kemudian jika mereka mentaati kamu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. sesungguhnya Allah Maha tinggi lagi Maha Besar."

Berikut sebagian tanda-tanda istri yang shalehah:
1. Bermuka Manis; tidak cemberut jika uang belanja kurang dari biasanya
2. Patuh dan setia; taat apabila suami melarang sesuatu untuk dikerjakan oleh istri selama hal itu tidak bertentangan dengan syariat Islam, Setia (bukan setiap tikungan ada) akan tetapi ketika suami tidak berada dirumah maka seorang istri mampu menjaga harga diri dan nama baik keluarga khususnya suami.
3. Memelihara Amanah Suami
4. Menyimpan Aib suami dan keluarga; tidak menceritakan kepada orang tua terlebih orang lain yang baru di kenalnya.
5. Tidak pergi tanpa seijin suami.
6. Memelihara hubungan baik dengan keluarga suami, meskipun keluarga suami tidak suka kehadiran istri ditengah-tengah keluarga suami.


sebagaimana dikisahkan; bahwa ada seorang suami yang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar